Saturday, October 20, 2007

Blog yang belum sempat diposkan.....

PESTA ANGKLUNG DI INDONESIA CHANNEL


Hari Rabu 6 Desember 2006 ada acara yang sangat menarik untuk disaksikan terutama bagi anak-anak HI se-Jawa Barat. Acaranya namanya Indonesia Channel; Bridging Asia and the Pacific. Yang mengadakan acara seru nan heboh itu adalah Departemen Luar negeri RI. Sebenernya gw udah dapet tiketnya sejak seminggu sebelumnya. Waktu itu sekitar jam 3 sore gw baru mau ke kampus bwt kumpul MPHI (Mentoring Pendidikan Hubungan Internasional). Nah, gak taunya waktu gw mau masuk ke gedung B kang Galih yang ketua HIMA HI yag bentar lagi mau lengser manggil gw. Dia ngasih tau tentang acara ini n nyuruh gw ambil tiket. Berhubung tiketnya gratis n acaranya seru banget jadi gw tanpa ragu langsung aja daftar n ambil tiket.

Akhirnya harinya dateng juga. Gw janjian pergi bareng Kanti, Ninu, and Galis ketemuan di PANGDAM (Pangkalan Damri) sekitar jam setengah 4 sore. Gw udah dateng kesana tapi mahluk-mahluk itu kagak ada yang muncul satupun. Mana damri udah penuh banget n langit udah gelep banget kayaknya mau turun hujan. Akhirnya dengan sangat terpaksa gw telepon juga si Kanti. Dia sih ngakunya udah sampe di Ampera (sebuah rumah makan merakyat di jatinangor). Tapi gw agak curiga coz bener-bener senyap kayak lagi gak di jalan. Abis itu Astra yang temen gw juga di HI dateng. Dia bilang dia juga mau ke acara ntu tapi dia masih nungguin temen gw yang laen si Mocil (Monyet Kecil) julukan yang bener-bener gak jelas yang dikasih oleh temen2 gw yang laen ke dia. Gak lama mahluk-mahluk planet itu (Kanti, Ninu, Galis) dateng juga, Cuma anehnya dia muncul dari arah yang berlawanan dengan Ampera yang tadi dia maksud. Selidik punya selidik akhirnya mereka ngaku juga kalo waktu gw telepon td mereka masih di kosan. Dasar! Akhirnya kami semua nunggu bus Damri berikutnya bwt ke Dipati Ukur. Gak lama Damri yang baru dateng juga, kita semua naek n tancap gas ke DU (Dipati Ukur).

Gak lama setelah Damri jalan hujan pun turun dengan derznya, seolah bener-bener mau “menghijaukan” kembali Jatinangor yang udah “Gersang”. Gw duduk di bangku paling pinggir deket jendela. Dan sayangnya agaknya gw salah posisi coz disitu bocor n air dari atap Damri netes2 di situ, Sial banget, jaket gw jadi basah semua. Kanti n Galis duduk di sebelah gw. N akhirnya acara pun dimulai. Pertama-tama para bule yang tidak jelas itu membawakan berbagai tarian n kesenian khas indonesia. Cukup membosankan, Cuma aja yang bikin aneh yang memperagakannya adalah para bule berkulit putih n hitam. Gak lama diselingi dengan om Ikang Fauzi dengan lagu gebyar-gebyar yang udah tua banget itu. Kanti n Galis sibuk melihat om Hasan Wirayuda yang gak lain adalah menteri luar negeri Indonesia. Yah wajarlah untuk anak-anak HI kagum dengan menteri luar negeri, asal gak kagum sebagai om-om aja, wah bisa gawat itu mah urusannya. And bagian paling serunya adalah saat Nidji tampil. Wuih, mi goreng item itu lompat-lompat di atas panggung dan berhasil dengan sukses menghidupkan suasana yang sudah mulai garing. Giring-giring bisa aja lo ngusir garing, hehehe.

The show continue... sekarang para penonton diberikan angklung dengan nomor yang berbeda-beda, dari 1-7, yah maksudnya itu dari do ampe do tinggi. Acara yang ini dinamakan angklung interaktif. Artinya para penonton diajak mengalunkan sebuah lagu berdasarkan kekompakan angklung mereka. Sang konduktornya itu seorang cewek. Tapi bahasa inggrisnya fasih banget dah, n absolutely charming.... Dia mulai tes nada dan memberikan arahan dari tangannya, misalnya kalo tangannya dikepalkan artinya angklung nomer satu yang dibunyiin, kalo tangannya kayak kertas nomor dua dimainkan, begitu seterusnya. Setelah latihan yang bener-bener singkat, agaknya para audiens juga udah gatel mau mainin angklung, n bener-bener keren abiz... dari lagu tradisional ampe lagu modern... bambu-bambu seperti ini bisa menghasilkan nada yang indah, ckckckck... salut buat Saung angklung Udjo dah... ternyata emang budaya kita tuh gak ada matinya.

Setelah puas mainin angklung, akhirnya tiba di acara puncak yaitu wisuda para bule pertukaran pelajar. Om Hasan yang mewisuda mereka dan ditemani dengan para perwakilan bule/pelajar n para penyelenggara pusat kebudayaan. Yah... acaranya bener-bener memuaskan walopun mesti diguyur hujan sebelumnya tapi bener-bener setimpal. Maybe being a diplomat isn’t bad as what i think...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home